Analisis Tinggi Gelombang Laut Di Perairan Sulawesi Tenggara Dan Laut Banda Ditinjau Dari Perspektif Dinamika Meteorologi

Adi Istiyono, Muliddin Muliddin, Ahmad Iskandar

Abstract


Informasi tinggi gelombang dan angin sangat diperlukan masyarakat, khusus yang selalu menggunakan transportasi laut, pembangunan infrastruktur laut dan para nelayan tangkap di Perairan Sulawesi Tenggara dan Laut Banda.Gelombang laut yang sering terjadi, penyebabnya didominasi oleh faktor angin sebagai salah satu unsur cuaca akibat adanya dinamika meteorologi di atmosfer.Matahari sebagai penggerak dinamika meteorologi yang menyebab perubahan angin setiap musim barat dan musim timur.Interaksi laut dan atmosfer berupa tranfer energi angin dengan permukaan laut yang menyebabkan gelombang laut terjadi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola karakteristik tinggi gelombang pada saat musim barat dan musim timur serta mengetahui pola karakteristik arah kecepatan angin pada musim barat dan musim timur. Metode dalam  menganalisis penelitian ini dengan menggunakan aplikasi wind wave05 untuk mengkonversi data angin pemodelan dalam format grib menjadi data tinggi gelombang. Hasil penelitian menujukan bahwa tinggi gelombang maksimum dan kecepatan angin maksimum terjadi pada saat musim timuran dengan arah angin dari tenggara serta tinggi gelombang minimum dan kecepatan angin minimum terjadi pada saat musim baratan dengan arah angin dari barat sampai barat laut.

Kata Kunci : Tinggi Gelombang, Dinamika Meteorologi, Wind Wave05

DOI : 10.5281/zenodo.2658824


Full Text:

PDF

References


Aldrian, E., 2008. Meteorologi Laut Indonesia, Jakarta: Pusat Penelitian dan pengmbangan Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Hasselman, K, 1966. On the non linear energy transfer in a grafity wave spectrum, Part 1, General theory, Journal of Fluid Mechanic 12 : 481 – 500.

Hutabarat, E, 1985. Pola Monsunal Wilayah Indonesia.Jurnal Ilmiah Puslitbang BMKG Jakarta.

Kartono, 2007.Gelombang dan arus di perairan Cilacap ,Skripsi Universitas Pertanian Bogor.

Roni, K dan Habibie, N, 2011. Karakteristik Gelombang di Perairan IndonesiaMakalah Ilmiah BMKG Jakarta.

Suripto,1998. Angin dan Variabilitasnya Jurnal Puslitbang BMKG.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JAGAT (Jurnal Geografi Aplikasi dan Teknologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Alamat Editor:

Geography Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Halu Oleo University

Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/jagat/index
E-mail: jurnal_jagat@uho.ac.id
------------------------------------------------------------------